Akhirnya Sarjana Sains

Runtuhnya ketidakpastian ‘akhir’ dari tugas akhirku berawal dari chat Kak Rombang yang berisi screenshot obrolannya dengan Yan; intinya Yan nitip menyampaikan padaku atau Gio bahwa di akhir bulan Januari, Pak Agung akan pulang. W benar-benar merasakan dentum ledakan tak terdefinisi dalam rongga dada untuk sekian detik.

Dosbingku adalah orang penting yang sedang ada kontrak di tokodai jepun sejak w mulai bimbingan dengan beliau. Sejak Januari 2017 kami (aku, Gio, dan Kak Indah) bener-bener stres karena terancam gak bisa wisuda periode April 2017 gara-gara bahkan belom Sidang 1 dan terakhir boleh sidang adalah 3 Maret sementara akhir kontrak Bapak ya sekitar awal Maret daaan jarak antara Sidang 1 ke Sidang 2 minimal seminggu. Kami sudah mewek-mewek pasrah-ga-pasrah untuk wisuda periode Juli sampai chat tersebut datang.

Dan begitulah, meski masih aja banyak rintang menyertai, tetapi kami berhasil Sidang 1 pada 7 Februari 2017. Lalu segala revisi dan tambahan data kami perjuangkan mati-matian sampai akhirnya tiba tanggal 1 Maret 2017 untuk Sidang 2 (yang mestinya tanggal 2 tapi lagi-lagi terkendala jadi harus dimajuin).

And boom! Seketika w sudah bergelar S.Si. Sarjana Sains. Sarjana Fisika. Seketika dunia bener-bener terasa lebih longgar dan berwarna. Lalu keesokan harinya disusul sidang Dargo, dan tanggal 10 kemarin sidang Tia. Ah senang sekali kami semua berhasil mengakhiri ini.

I’m truly grateful to the ones who made time to come to my important day despite their tight schedule. Sangat sangat berterima kasih:

Kepada Pak Agung, yang mau pulang 2 kali dari Jepang demi sidang 1 dan sidang 2 kami. Yang suportif dengan segala tetek bengek sisa syarat agar benar-benar bisa daftar wisuda, saya teramat sangat berterima kasih Pak.

Kepada Prof. Evvy, pembimbing BATAN-ku yang bersedia datang jauh-jauh dari Tangsel berangkat subuh demi hadir di sidang akhirku yang jam 8. Bu, saya speechless dan sangat berterima kasih.

Kepada Bu Wulan yang setia jadi penguji Sidang 1 dan Sidang 2-ku. Begitu juga Bu Fatimah yang bersedia jadi penguji di Sidang 2, terima kasih banyak, ibu ibu.

Kepada Gio dan Kak Indah, yang sejak chat Ka Rombang tentang kepulangan Bapak, bareng-bareng ngalamin kegilaan deadline ini itu. Tanpa kalian mungkin motivasiku bakalan low dan belum tentu jadi sidang. Makasih ya Gi yang mau susah-susah bareng terutama pas terakhir-terakhir ngurus kelengkapan daftar wisuda, dan untuk Kak Indah semoga lekas sembuh sakitnya, semangat Kak bentar lagi giliran Kak Indah!

Kepada Tia, sahabatku. Terima kasih banyak Kuy. Tanpa kehadiranmu di setiap hari perjuangan ngelarin draftku, ga akan ada gelarku sekarang. Terima kasih banyak udah nenangin di masa-masa w nangisin skripsi, nangisin nasib-nasib suramku. Terima kasih banyak sudah setia jadi sahabat terbaikku seumur hidup. Aku minta maaf gabisa hadir di sidang akhirmu karna riset tambahan di Tangsel memisahkan jarak kita (bahkan sampe hari tulisan ini dibuat)… Aku sedih banget karna ini, tapi aku bangga kamu berhasil juga melalui fase yang sama! Senang sekali bisa wisuda bareng. Sepaket ucapan terima kasih juga buat Mas Farhan hehe. Pokoknya tanpa kalian berdua, aku udah luntang-lantung pengen kabur dari skripsiku. Makasih banyak hadiah manisnya.

Kepada Dargo, terima kasih sudah mengisi hari-hariku selama tingkat akhir yang extended ini. Terima kasih sudah banyak ngajakin jalan-jalan untuk membuang suntuk, dan terima kasih sudah berhasil selesai skripsi juga. Aku bangga sama kamu.

Kepada Kak Rombang yang setia dicekcokin baik saat di Jepang maupun udah balik ke Indo. Terima kasih sudah nonton sidangku sampai habis dengan ketawa-ketawa jahat hix tak ‘kan kulupakan.

Kepada teman-teman yang menyempatkan hadir dan meramaikan sidangku, aku terharu. Terima kasih banyak ya:

Intan yang paling pertama nongol. Makasih sudah nyempatin dateng di sela kesibukanmu ambil data skripsi. Semangat, aku selalu kagum sama sosokmu, Tan.

Anak-anak grup RSG maupun dari Fisika yang repot-repot nyiapin selempang dan balon serta hadiah-hadiah… tanpa kalian mungkin w bakal mewek di kosan gara-gara sepi huhu. I love you guys, makasih ya udah dateng: Devi, Niken, Widy, Shofi, Anan, Miqdad, Ulwi, Jiehan, dan lainnya w lupa maap saking deg-degannya nunggu nilai keluar. Lalu juga Mulya yang terang-terangan nanyain soal selempang meski gakbisa hadir. Wkwk ku sangat terharu sama dedikasimu Mul. Kepada dua anggota gengku tersayang Widy dan Shofi, kudoakan yang terbaik untuk kalian semoga Juli nanti segera pecah telor yaaa 8 member geng kita. Semangat yuk tinggal dikit lagi!

Kepada Kak Buchori yang ikut mampir bareng Mas Farhan, hehe terima kasih ya.

Kiko yang meski udah hujan deres masih mau nyamperin ke gedung fisika. Makasih banyak, Ko.

Trus buat Sanjek yang nitipin kado lewat Devi. Jek, w terharu banget dan sangat berterima kasih. Doakan segera bisa manfaatin hadiahmu itu ya. Ini lagi usaha :’

Serta bejibun ucapan di line, wa, maupun ig yang menghangatkan hati. Terima kasih banyak sudah tulus senang atas pencapaianku ini.

Dan tentu aja terima kasih kepada keluargaku yang selalu nyemangatin walau kami jauh. Yah, mbis, mas, fiq, ca, dek… semoga ibu di sana ikut seneng ya.

Meski saat ini mengisi waktu sebelum wisuda dengan riset tambahan amanah dari Pak Agung dan Bu Evvy sehingga w sementara harus hidup di Tangsel lagi, tetapi kenyataan bahwa 1 April nanti bisa wisuda selalu bikin senyum.

Alhamdulillah. Audia Faza Intifada, S.Si.

3 comments

  1. Hilmi · March 28, 2017

    Wilujeng!

    Like

  2. Fauzie Ardiansyah · March 13, 2017

    Selamat, Di.
    Semoga sukses di dunia karir..

    Like

    • Audi · March 15, 2017

      Thanks, Ga. Aamiin. Semoga kita semua sukses 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s