Pindah ibukota, wacana semata?

Siang para pengembara dunia maya.

Belakangan ini saya terpikir kembali tentang sebuah wacana yang pernah mengudara terkait pemindahan letak ibukota negeri ini. Yap, pernah dengar beberapa usulan kota disebut bukan? Wah sudah lama begini kok makin tenggelam aja dan cuma jadi wacana ya?

Dari sini saya mau menganalisis lebih dulu tentang kondisi Jakarta saat ini. Ibukota Republik Indonesia ini mengalami pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat jika dibandingkan dengan semua kota yang ada di Indonesia. Iklim ekonomi yang menjanjikan membuat lapisan masyarakat dari berbagai daerah datang untuk mengais rezeki. Tetapi kita semua tahu kondisi real yang Jakarta hadapi saat ini.

1. Kemacetan

Masalah macet ini bahkan beritanya sudah mendunia, saya malu nih sama warga negara lain. Dan sebagai warga yang berdomisili Bandung saya cukup sedih harus kebagian macet gilanya karena banyak plat B yang pada main kesini rame-rame tiap weekend. Hehe

kemacetan-di-jalan-gatot-subroto

macet_0

2. Pembangunan non-stop

Pencakar langit di sana sini, tergerusnya areal hijau, dimana-mana mall, seriously. Saya; waktu tinggal di Malang yang cuma ada Matos dan MOG aja, udah jarang banget kesana. Lhah ini.

51598_large

148181_pembangunan-apartemen-di-jakarta_663_382

S1PXjPJJSN

3. Banjir

Sudah jadi hal umum juga soal banjir ini. Belakangan malah dikatakan bahwa ketinggian air laut kian bertambah dan air di pesisir Jakarta mulai tercampur dengan air laut. Secara medis ini berbahaya sekali untuk kesehatan warga.

Banjir_Jakarta_2013

ciricara.com-banjir-1-mei-2013

4. Polusi

Polusi udara parah karena tingginya tingkat kendaraan yang terus ada di jalanan. Polusi suara juga tentunya, dari kondisi traffic kota ini. Polusi cahayaaaaa, gimana enggak, dimana-mana bangunan tiap malem lampunya mentereng. Ini teh tidak sehat untuk pernapasan, pendengaran, juga kenyamanan penglihatan warganya ๐Ÿ˜ฆ

5. Fasilitas umum

Rendahnya perawatan dan keamanan fasilitas umum membuat warganya enggan untuk menggunakan, semua jadi lebih memilih untuk memakai kendaraan pribadi. Sebut saja kasus pelecehan yang terjadi di angkot, perampokan di jembatan penyeberangan, dan lain-lain.

kerugian-macet-jakarta

5. Ketimpangan sosial yang tinggi

Yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin. Sering diberikan bantuan langsung tunai bagi yang tidak mampu, tapi apa gunanya kalau uang yang didapat langsung habis untuk kebutuhan konsumsi. Sering dengar quote ini kan:

Give a man a box of fish, he will eat well for days. Teach a man how to fish, he will feed himself for the rest of his life.

18Jokowi Dan datanglah Jokowi. Jeng jeng jeng. Semangat ya Pak untuk mengurus Jakarta menjadi lebih baik, saya dukung semua proker Bapak! ๐Ÿ™‚

Keutamaan dari pindah

Kenapa sih saya setuju banget untuk memindahkan lokasi ibukota negara tercinta kita ini? Kalau alasan, banyak sekali, kawan. Selain semua kondisi minus Jakarta di atas, kita sadar betul bahwa pemerataan penduduk dan perekonomian bangsa ini samasekali masih rendah. Bukannya saya menganggap Jakarta sudah tidak layak, tapi lihat saja statistik berikut.

geo

Peta-Kepadatan-Penduduk-Indonesia-bps.go_.id_ Yang oranye cuma Jawa tuh
020713grafik2

Marilah kita melihat secara general; pulau Jawa sendiri adalah pulau terpadat yang mengambil lebih dari 50% dari total penduduk yang ada di Indonesia. Sedangkan pulau ini luasnya hanya sebesar 6,9 % dari total daratan Indonesia. Tidak perlu lah pura-pura tutup mata soal kondisi pulau-pulau lain. Saking gencarnya orang-orang menganggap Jawa itu ‘subur’; di saat yang bersamaan, semakin tertinggal pula pulau-pulau lain dari negeri archipelago ini. Sebut saja kasus pengklaiman pulau milik kita oleh negara tetangga. Melambungnya harga BBM di daerah terpencil karena mahalnya distribusi ke pulau-pulau lain (padahal minyak itu sendiri kebanyakan dikeruk dari sana, kok mbulet sih). Dan masalah vital terkait pendidikan yang terus diusahakan untuk merata…. tapi terasa seperti menegakkan benang basah; kalau pemerataan pembangunan saja masih nihil.

Kalau jadi pindah, saya sangat merekomendasikan kota yang bukan di pulau Jawa. Untuk apa repot-repot pindah kalau jadinya di Jawa lagi. Saya belum ada gambaran luas mau milih kota mana, tapi menurut saya Kalimantan pilihan pulau yang bagus mengingat letaknya di tengah, pusat gitu loh. Atau jika ingin ekstrim, sekalian saja di Papua. Dengan dipindahkannya ibukota ke pulau lain, maka konsen pembangunan akan berpaling juga dari Jawa. Dengan naiknya aktivitas pembangunan di pulau-pulau yang agak tertinggal, maka teknologi disana pun akan semakin membaik, bahkan taraf hidup masyarakatnya pun makin terangkat. Dan Jawa? Penduduk dan pemerintahnya bisa berbenah, memeratakan pembangunan yang masih amburadul, tanpa harus terus menerima arus masuk transmigran. Bisa sambil jadi role model juga untuk pembangunan di pulau lain.

Butuh apa saja untuk pindah?

Apa saja sih yang diperlukan sebuah ibukota? Tentunya kegiatan pemerintahan yang kondusif. Gak harus lah bikin istana negara mahal-mahal. Kan tujuannya mau membangun pulau-pulau secara merata. Kalau sudah membaik baru lah mikir tentang kenyamanan pribadi, saya kira kemewahan yang diberikan untuk para pejabat malah membuat mereka terlena dan bukannya jadi produktif. Beginian juga lah yang justru memicu kegiatan korupsi. Wong mereka jarang teringatkan gimana timpangnya kondisi masyarakat saat ini, kabar tentang itu bagaikan semilir angin yang berhembus pelan dan kemudian hilang.

Bandara yang layak. Ini vital banget banget banget, karena ibukota itu berarti pusat dari negara, maka baik warga dalam negeri maupun visitor dari luar pasti merujuknya kesitu. Bahkan di Papua, tiap 1 km2 hanya dihuni 10 orang saja. Gampang kan jadinya kalau mau bikin-bikin bandara yang super luas, ga perlu bingung ngegusur-gusur rumah warga. Di samping itu juga perlu dibangun alur transportasi yang teratur, yang rapi. Maksudnya rapi ini rapi yang kalo dilihat dari langit, ya bener-bener jelas kotak-kotak jalanannya, bukannya serong kanan serong kiri mlungker-mlungker mbulet. Mumpung pulaunya juga masih sepi mendingan sekalian lah para arsitek dan anak planologi menginvasi pulau tersebut dengan segala ide cemerlangnya untuk menjadikannya kota-kota yang indah. Membuat itu jauh lebih mudah daripada memperbaiki.

Ga akan memakan budget terlalu besar kok. Bisa lah pasti dimasukkan ke APBN, dan ga akan memakan proses lebih dari satu dekade. Dengan pindahnya ibukota, berbagai investasi juga akan menuju tempat sekitaran situ kok. Kalau pemilu 2014 ini terpilih presiden yang amanah, lalu dia menjalankan program ini dengan sepenuh jiwanya sambil benar-benar memikirkan kesejahteraan rakyat, mudah saja sih untuk terpilih lagi di pemilu selanjutnya.

___________________________

Memang, terkesan memanfaatkan habis-habisan lalu setelah rusak ditinggalkan, habis manis sepah dibuang; tapi itu cuma kesan kan? Jika melihat kondisi sekarang, berbagai usaha revitalisasi terus dilancarkan kok. Pemerintah menaruh perhatian besar kok. Sangat besar malah. Masih jauh lebih peduli sama Jakarta ketimbang dengan daerah terpencil yang hampir tak terjamah teknologi. Belum perlu lah terlalu sibuk mikirin exo-planet buat pindah dari Bumi, wong ribuan pulau di negeri sendiri aja masih sepi mamring kok. Bayangin aja kalau tingkat teknologi di masing-masing pulau yang ada di Indonesia setingkat ama setengaaaaaah aja dari majunya Singapura. Bakal semaju apa negeri ini. Jadi, masih mau bertahan di Jakarta nih, jantung Indonesiaku?

NB: Ini murni pandangan dari kacamata saya sendiri, segala pendapat disini memang keluarnya dari saya.

10 comments

  1. Pingback: Resurfacing issue – book of stories
  2. buzzerbeezz · December 30, 2013

    Melihat kondisi Jakarta seperti itu terkadang malu kalau bandingin sama ibukota-ibukota negara tetangga. Jangankan sama Singapura, Jakarta sama Kuala Lumpur aja kalah jauh. Semoga semakin baguslah Jakarta. Nice post btw ๐Ÿ™‚

    Like

    • Audi · December 31, 2013

      Aamiin, semoga di negara kita ini semakin banyak muncul orang hebat yang siap membawa perubahan ke arah yang lebih baik ๐Ÿ™‚

      Like

  3. regarafa · September 21, 2013

    pernah baca atau denger tentang ramalan jayabaya?

    Like

    • Audi · September 21, 2013

      wah cerita dong

      Like

  4. andyamou · September 20, 2013

    setuju desu. aku pernah liat juga talk apa gitu di metro tv, katanya seorang cewek yg keren(namanya lupa), dia bilang harus dilihat jakarta ini 5 tahun kedepan(kalo ndak salah). kalo semakin memburuk, maka harus disiapkan segala bentuk perpindahannya ke kalimantan.

    terlepas dari nanti kalimantan gimana, yg pasti jakarta sudah sangat memburuk dan status ibu kota yg nyaman harus segera dipindahkan.

    malu kalik sama negara lain.

    Like

    • Audi · September 20, 2013

      justru lebih baik dipindah supaya jakarta dapet ruang bernapas lebih, ya nggak desu?

      Like

    • andyamou · September 23, 2013

      yep. aku setuju kok sama artikelmu ini. ๐Ÿ˜€

      bdw aku ga dapet pemberitauan komen.. ternyata belom diklik notify me. yaudah sih. (/’-‘)/

      Like

  5. mawi wijna · September 17, 2013

    Gimana ya mbak? Hmmm, kalau menurut saya sih mungkin semua masalah yang mbak sebut di atas itu terjadi karena pemerintah kita dari dulu salah merencanakan sesuatu. Atau mungkin rencana sudah ada tapi eksekusinya berbeda. Kalau menurut saya, ibukota dipindah sekalipun kalau ke depannya tanpa rencana dan eksekusi yang matang, semua permasalahan di atas ya bakal muncul lagi.

    Like

    • Audi · September 20, 2013

      Halo mas mawi ๐Ÿ˜€
      Hm kalo dari saya, pikiran terbuka ini ya sebagai wujud bahwa ‘ini lo, aspirasi dari warga, saya masih percaya pemerintah kok, kita bisa berubah kok’
      Kalau sekarang aja kita udah skeptis karena kinerja pemerintah terdahulu yang kurang maksimal, ke depannya juga ga akan ada yang peduli sama kondisi negara. Banyak kok mas calon pemimpin baru yang siap jadi eksekutor. Tinggal gimana dukungannya aja, kayak pak jokowi, pak ridwan kamil… banyak anak muda sekarang yang bisa jadi pemimpin amanah. Tetap berpikir positif yuk.
      Salam kenal ya!

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s